September 12, 2012

Dr. Jeckyl and Mr. Hyde, The Strange Case of [Review]

Dr. Jekyll & Mr. Hyde (The Strange Case of Dr Jekyll And Mr Hyde)Dr. Jekyll & Mr. Hyde by Robert Louis Stevenson
My rating: 5 of 5 stars

Sebuah berkat melimpah begitu aku mendapatkan karya klasik ini. Sewaktu mencarinya di salah satu toko buku di daerah kota tempat tinggalku, aku mendapat kenihilan dan menemukan bahwa stok buku ini habis. Awalnya aku benar-benar kecewa, sebab buku itu sangat kuperlukan untuk melengkapi tugasku, melaporkan dalam bentuk review tertulis pada mata kuliah tertentu. Dengan kepercayaan akan tingginya harapan menemukan buku ini, aku melaju ke toko buku lainnya. Dan akhirnya buku bersampul cokelat cetakan GPU - Gramedia Pustaka Utama - ini menjadi satu dari sekian koleksi novel di rak bukuku.

Tidak bisa kupungkiri, kecintaanku pada karya-karya klasik terutama karena alasan-alasan paling mendasar dari pecinta karya sastra. Dan Robert Louis Stevenson telah menorehkan sejarah baru dalam dunia sastra dengan karyanya yang original dan mendebarkan ini. Dilandasi kekaguman akan aliran Gothic, Mystery, suspense, Horror, dan Thriller, aku memilih buku ini, berharap sang penulis mampu membawaku ke dunianya, yang ternyata berhasil membuatku terpana.

Inilah kisah singkat sang dokter berkepribadian ganda!


Dr. Jeckyl, dengan nama lengkap Dr. Henry Jeckyl, adalah seorang sosialis ternama di bidang kesehatan, namun memiliki sifat yang berkebalikan dengan para dokter pada umumnya; sering galau, mudah depresi, pendiam, dan ekspresif. Ia dilahirkan dari keluarga besar yang kaya raya sehingga semasa kecil hingga ia dewasa, hidupnya benar-benar terjamin. Ia sangat aktif dan ceria, sampai pada suatu usia dimana ia merenungkan masa-masa hidupnya, ia menjadi seperti yang sekarang. Kekhawatiran dan perasaan tak nyaman memenuhi benaknya, membuat jiwanya terdesak, hingga ia merasa bahwa dirinya tak benar, bahwa ada satu kuasa dalam dirinya yang bergejolak ingin muncul ke permukaan. Hal ini terus menerornya, menajamkan indera-inderanya, dan melemahkan batinnya. Ia berspekulasi, mendapati kesimpulan bahwa ia punya pribadi kedua, yang ingin ikut ambil bagian dalam kehidupannya, sisi jahat dirinya yang tak mau berkutat dalam alam bawah sadar. Kemudian suatu hari, ia bereksperimen menciptakan sebuah ramuan aneh dan mencobanya pada dirinya sendiri tengah malam itu. Hasilnya sangat mengejutkan, ia mendapati diri bukan dirinya lagi, melainkan sosok lain dirinya, pribadi kedua yang jahat, yang pada akhirnya akan mengambil alih dirinya sepenuhnya. Pribadi keji bernama Edward Hyde!

Karena merasa bukan sebagai Henry Jeckyl lagi, ia sebagai Edward Hyde melakukan perbuatan kejam untuk melampiaskan hasrat yang terbukur lama dalam dirinya yang muncul bersamaan dengan munculnya sosok Hyde, membuatnya brutal secara tak manusiawi. Kemudian kejadian kedua paling mendebarkan saat ia membunuh seseorang dalam tubuh Edward Hyde hingga membuat semua orang gempar akan sosok Hyde. Ia merasa sangat bersemangat, merasa jiwa mudanya kembali, buas dan brutal. Ia meminum ramuan penawar agar dirinya kembali menjadi sosok Henry Jeckyl seperti dulu. Namun hal itu tak berlangsung lama. ia menyadari bahwa sosok hitamnya menginginkan lebih, bahwa Hyde ingin sepenuhnya menjadi manusia dan bukan pribadi kedua. Mulailah pergolakan batin yang membuatnya gila dan membuat resah para pelayannya, termasuk rekannya Mr. Utterson, yang pada akhirnya menyingkap tabir misteri Dr. Jeckyl dan Mr. Hyde.

Cerita dimulai dari sudut pandang Mr. Utterson dimana ia curiga akanMr. Hyde yang mengganggu pikirannya. Naluri keingintahuannya mendorongnya sampai pada kenyataan pahit akan insiden pemukulan seorang gadis di jalanan serta kematian pemuka masyarakat terkenal, Sir Danvers Carew, dimana ia menemukan pribadi Hyde dalam aksi bejat yang menimpa dua korban tersebut. Hingga akhirnya, ia bersama pelayan Dr. Jeckyl, Poole, mengetahui rahasia terpendam mengenai sifat tertutup rekannya serta kemunculan misterius sang pelaku begitu menerima surat pengakuan terakhir Dr. Jeckyl mengenai apa saja yang terjadi. Penuturan langsung Henry Jeckyl menjadi akhir pamungkas yang menggetarkan sekaligus mencengangkan para penikmat kisah misteri.


Secara pribadi, aku suka kisah ini! Bagaimana cara penulis menuturkan cerita agar pembaca ikut hanyut dalam setiap reka adegan menjadi nilai tambah tersendiri. Narasi yang diberikan cukup bertele-tele (terlalu banyak penjelasan) namun itulah kuncinya. Penulis seolah-olah menyeret pembaca dalam situasi yang diciptakannya agar pembaca benar-benar terkesan tentang dunia kisah tersebut, kemudian di bagian akhir, ia mengakhirinya dengan kejutan yang membuat pembaca merasakan sensasi berbeda. Bagiku, kisah ini sulit dipercaya! Gabungan misteri dengan sedikit bumbu Sci-fi - science-fiction - diramu menjadi sebuah karangan fiksi sederhana yang hebat. Aku mengira sang tokoh hanya berkepribadian ganda, tapi ternyata memiliki "tubuh ganda" juga - dalam hal ini bertransformasi. Ide yang unik!

Alur kisahnya membingungkan. Aku kesulitan saat membaca beberapa bab karena kisahnya terlalu cepat. Namun untungnya, di beberapa bagian, narasinya diperbanyak sehingga aku bisa mengaitkan kejadian sebelumnya sambil memahami kejadian berikutnya tanpa merasa khawatir kehilangan alurnya. Intinya, kesulitan di awal dan paham di akhir.

karakter yang ditonjolkan di sini adalah sang tokoh utama, Dr. Jeckyl sendiri bersama alter ego-nya, Mr. Hyde. Tapi penjelasan yang lebih gamblang ada pada saat penuturannya tentang ide membelah diri menjadi dua sosok berbeda. Di situlah letak kepribadiannya yang sesungguhnya. karakter lain adalah Mr. Utterson, sang pengacara dan sahabat sang tokoh utama, yang akhirnya memecahkan kisah misteri temannya itu. Selebihnya, tokoh-tokoh lain hanyalah penunjang agar kisah ini kian misterius dan menggemparkan.


Akhirnya, aku memberikan apresiasi penuh kepada tuan Robert Louis Stevenson atas karya apiknya, dualitas manusia, yang mampu menghibur serta membekas di pikiran para pecinta karya sastra klasik.

Karya yang begitu menginspirasi!


View all my reviews

0 komentar:

Posting Komentar